Dya Loretta: Persiapkan Diri Sebelum Melamar Pekerjaan Dengan Personal Branding

Dya Loretta: Persiapkan Diri Sebelum Melamar Pekerjaan Dengan Personal Branding

Saat ini, mendapatkan pekerjaan yang sesuai kemampuan dan keinginan kita memang tidaklah mudah. Tidak seimbangnya jumlah pelamar dan lowongan pekerjaan yang disediakan, plus banyaknya perusahaan yang mengurangi jumlah pekerja merupakan beberapa faktor utama penyebab sulitnya mendapatkan pekerjaan.

Namun, optimisme harus tetap berkobar dalam jiwa seseorang. Yakinkan bahwa kita mampu memenangkan “kompetisi” pencarian kerja ini. Bagaimana caranya? Dengan personal branding!

Ya, personal branding bisa dilakukan seseorang demi meraih karier impiannya. Hal inilah yang diungkapkan R.A Loretta Kartikasari, S.E., M.I.Kom—penulis buku It’s Me, Superbrand Diri untuk Jadi Beda—dalam Seminar Psikotes & Komunikasi Bisnis yang diadakan di Aula STEI SEBI, Sawangan, Depok.

Dalam acara bertema “Mempersiapkan Diri untuk Melamar Pekerjaan” ini, penulis yang biasa dipanggil Dya Loretta memaparkan cara-cara personal branding yang bisa dilakukan pelamar saat melamar pekerjaan.

“Sekarang kita sudah dimudahkan dengan berbagai social media untuk mem-branding diri kita,” begitu kata Dya Loretta.

Sebagai contoh, Dya Loretta pun menyampaikan metamorfosis seorang Aisyah Laila (Ica), make up artist yang masih berusia 14 tahun. Menurut wanita pemilik brand The Project of DLO ini, Ica memulai kariernya melalui Instagram. Kelihaian Ica bergaya dan berdandan di social media dengan hashtag #OOTD ternyata diikuti oleh lebih dari 20.000 follower. Hal itu juga mengantarkan Ica menjadi icon Jakarta Islamic Fashion Week pada usia belum genap 10 tahun dan dua tahun kemudian ia terdaftar sebagai salah satu siswa sekolah make up di Lasalle Collage.

“Seorang biasa pun bisa menjadi bintang dan memiliki fans jika mampu mem-branding diri serta mengemasnya dengan berbeda,” kata Dya Loretta. Lebih lanjut Dya Loretta mengungkapkan bahwa personal branding yang baik bisa terjadi jika kita mengerti benar siapa diri kita. Dengan begitu, kita bisa berguna untuk lingkungan dan kesuksesan pasti mengikuti.

Related Posts

Leave a Reply